Tips Memilih Seafood yang Aman Dikonsumsi

artikel kesehatan Tips Memilih Seafood yang Aman Dikonsumsi

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Hallo Sahabat Medina 😊

Kamu suka makan seafood? Pastinya, hidangan laut memang lezat dan kaya nutrisi. Tapi, tahukah kamu bahwa memilih seafood yang aman dikonsumsi itu penting untuk kesehatan kita? Salah pilih seafood bisa berakibat buruk, mulai dari keracunan makanan hingga infeksi bakteri. Yuk, kita bahas bagaimana cara memilih seafood yang aman dan sehat!

Ketika memilih seafood, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu mendapatkan produk yang segar dan bebas dari kontaminasi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Perhatikan Penampilan dan Bau Seafood segar memiliki penampilan yang mengkilap dan bau yang segar seperti air laut. Ikan yang segar matanya jernih dan tidak cekung, sisiknya masih menempel kuat, dan dagingnya kenyal. Jika ikan berbau amis tajam atau terlihat kusam, lebih baik hindari.

2. Pilih Seafood dari Sumber Terpercaya Membeli seafood dari penjual atau pasar yang terpercaya sangat penting. Penjual yang baik biasanya menjaga kebersihan dan kualitas produk mereka. Kamu bisa bertanya tentang asal-usul seafood dan bagaimana cara penyimpanan mereka.

3. Perhatikan Suhu Penyimpanan Seafood harus disimpan pada suhu yang tepat untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Pastikan seafood yang kamu beli disimpan di atas es atau dalam lemari pendingin. Suhu ideal untuk menyimpan seafood adalah di bawah 4 derajat Celsius.

4. Periksa Sertifikasi dan Label Seafood yang aman biasanya memiliki sertifikasi atau label yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah melewati pemeriksaan kualitas. Misalnya, sertifikasi dari BPOM atau lembaga pengawas pangan lainnya.

5. Hindari Seafood yang Berubah Warna Seafood yang sudah berubah warna bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut sudah tidak segar. Misalnya, daging ikan yang berubah menjadi kekuningan atau kerang yang cangkangnya sudah terbuka lebar.

6. Waspadai Musim dan Lokasi Penangkapan Beberapa jenis seafood lebih aman dikonsumsi pada musim tertentu dan dari lokasi penangkapan tertentu. Misalnya, hindari makan kerang saat musim hujan karena risiko kontaminasi yang lebih tinggi.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Environmental Research, konsumsi seafood yang tercemar dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti keracunan makanan, hepatitis A, dan infeksi bakteri seperti Vibrio. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam memilih seafood yang akan kita konsumsi.

Untuk memastikan kesehatanmu tetap optimal setelah mengonsumsi seafood, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri. Rumah Sakit Medina menyediakan layanan screening kesehatan lengkap yang dapat membantu memantau kondisi fisikmu dan memberikan saran terbaik untuk gaya hidup sehat.

Yuk, bagikan informasi ini ke teman-teman dan keluargamu! Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya memilih seafood yang aman, semakin kita bisa menikmati hidangan laut dengan lebih tenang dan sehat. Jangan tunggu lagi, segera periksa kesehatanmu di Rumah Sakit Medina dan jaga tubuhmu tetap sehat dan bugar!


𝗥𝗦 Medina
"Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #Hipertensi #preventif #promotif

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: