Penyuluhan "Overthinking" di Thalassemia Center Haji Husein Iskandar RS Medina

artikel kesehatan Penyuluhan "Overthinking" di Thalassemia Center Haji Husein Iskandar RS Medina
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Garut – Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) mengadakan penyuluhan mengenai "Hilangkan Overthinking dan Tumbuhkan positif thinking" di ruang Thalassemia Center Haji Husein Iskandar dengan peserta yang hadir bukan hanya dari pasien thalassemia saja, tetapi ada juga dari pihak keluarga dan hadir pula Ketua Yayasan Thalasemia Indonesia (YTI) Kabupaten Garut, Pipin Suhendar (06/12).

Overthinking adalah memikirkan sesuatu secara terus menerus, berlebihan, dan berakibat kepada ketahan tubuh yang menurun. Overthinking membuat seseorang terlalu banyak merenungi masa lalu, mengkhawatirkan masa depan, dan memikirkan berbagai kemungkinan yang belum tentu akan benar-benar terjadi.

Selain karena judul dari garis besar tema tersebut, mendukung para peserta amat memberikan respon positif dan aktif karena disuguhkan oleh Shofa Siti Hilyati, S.Psi (pembicara) yang memberikan materinya dengan santai, memprioritaskan interaksi dan diskusi antar pasien thalassemia. Seperti mengungkapkan perasaan atau masalah pribadi dan melontarkan beberapa pertanyaan secara langsung bagi pasien yang kemudian diberi tanggapan oleh pembicara dan juga ketua YTI.

Menurut Pipin, Kadang-kadang yang mempengaruhi sikap pasien Thalassemia itu adalah kalau lingkungan tidak menerima mereka, sehingga semangatnya berkurang dan otomatis malu untuk ke rumah sakit dan kesehatannya tidak terkontrol. Maka perlu sekali dukungan dari keluarga dan sekitar sehingga penyandang thalassemia tidak merasa sendiri.

Pikiran positif menghasilkan energi yang tidak bisa dihentikan, energi yang membawa inspirasi, dorongan, dan kekebalan.” Ucap shofa sebagai kutipan pentup yakni pesan singkat dari pembicara sebagai salah satu tindakan menghindari kasus overthingking.

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: