Hari Buta Warna Sedunia

artikel kesehatan Hari Buta Warna Sedunia
Medina Hospitals

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Salah satu gangguan yang terjadi pada mata adalah buta warna. Buta warna adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu yang bisa dibedakan oleh orang dengan mata normal. Pada dasarnya gangguan warna terjadi pada sel pigmen didalam retina mata. Jadi sel tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak berfungsi dengan baik. Pernahkah membayangkan seperti apa mimpi orang buta warna? Apa benar hitam-putih seperti yang kita duga?

Banyak orang mengira bahwa penderita buta warna berarti tidak bisa melihat warna-warna yang ada di sekitarnya. Padahal, orang dengan buta warna tetap bisa melihat warna, hanya saja mereka tidak bisa membedakan beberapa pasangan warna komplementer (kontras).

Kondisi ini dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun lebih sering dialami oleh pria. Jenis buta warna yang paling sering ditemukan adalah buta warna parsial. Sedangkan, jenis buta warna total masih sangat jarang ditemukan. Meski disebabkan oleh faktor keturunan, ini bukan berarti buta warna sudah pasti terjadi sejak kecil. Faktanya, buta warna bisa terjadi kapan saja, baik dimulai saat lahir, baru muncul saat fase anak-anak, atau bahkan saat dewasa.

Perlu dicatat bahwa buta warna tidak hanya diturunkan secara genetik, tapi juga bisa terjadi akibat faktor penuaan, kerusakan retina, atau gangguan mata lainnya.

Berdasarkan kemampuannya dalam melihat warna, buta warna dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut penjelasan dari jenis-jenis buta warna.

  • Buta warna merah-hijau: Terjadi ketika photopigment di sel kerucut merah atau hijau tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Buta warna biru-kuning: Terjadi ketika photopigment pada sel kerucut biru hilang atau tidak berfungsi.
  • Buta warna total: Penderita buta warna total tidak dapat melihat warna sama sekali karena hanya bisa melihat warna putih atau hitam.

Tidak ada pengobatan untuk orang buta warna, namun menggunakan kacamata khusus bisa membantunya dalam melihat warna. Kecuali jika buta warna disebabkan oleh penyakit yang mendasarinya, maka dokter akan megobati masalah kesehatan tersebut. Buta warna juga sebagian besar tidak menyebabkan masalah serius, namun untuk beberapa profesi mungkin menjadi kendala.

Itulah informasi seputar penyebab buta warna dan cara mengatasinya. Apabila Anda mengalami gangguan penglihatan yang tak kunjung membaik, segera kunjungi Rumah Sakit Medina untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan diagnosis serta penanganan secara tepat.

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: