Tren Konsumsi Seafood Hidup-Hidup: Apakah Aman bagi Kesehatan?

artikel kesehatan Tren Konsumsi Seafood Hidup-Hidup: Apakah Aman bagi Kesehatan?

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Hallo Sahabat Medina 😊

Sahabat pasti pernah dengar tentang tren makan seafood hidup-hidup yang sedang populer belakangan ini. Mungkin kamu juga pernah melihat video orang makan gurita hidup atau ikan yang masih bergerak di piring mereka. Terlihat ekstrem dan menantang adrenalin, tapi apakah ini aman bagi kesehatan? Yuk, kita bahas lebih dalam tentang tren ini dan dampaknya bagi tubuh kita.

Makan seafood hidup-hidup sebenarnya sudah lama dikenal di beberapa budaya, terutama di Asia. Bagi sebagian orang, ini dianggap sebagai pengalaman kuliner yang unik dan menyenangkan. Namun, di balik sensasi dan keunikan tersebut, ada beberapa risiko kesehatan yang perlu kita ketahui.

Pertama-tama, mari kita bicara tentang risiko infeksi. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Protection, seafood hidup-hidup bisa menjadi sarang bagi berbagai bakteri dan parasit berbahaya. Bakteri seperti Vibrio parahaemolyticus dan Vibrio vulnificus sering ditemukan dalam makanan laut mentah dan bisa menyebabkan infeksi serius. Gejala yang mungkin muncul antara lain diare, kram perut, mual, muntah, dan demam. Dalam kasus yang parah, infeksi ini bisa mengancam nyawa, terutama bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Selain itu, ada juga risiko keracunan makanan. Beberapa jenis seafood, seperti kerang dan tiram, bisa mengandung racun alami seperti saxitoxin dan brevetoxin. Racun ini tidak hilang meskipun seafood tampak segar dan hidup. Mengonsumsi seafood yang terkontaminasi racun ini bisa menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti sakit kepala, pusing, mati rasa, dan kesulitan bernapas.

Bukan hanya itu, makan seafood hidup-hidup juga bisa menimbulkan risiko cedera fisik. Contohnya, makan gurita hidup bisa berbahaya karena tentakelnya yang masih bergerak bisa menempel di tenggorokan, menyebabkan tersedak atau bahkan tercekik. Beberapa kasus darurat medis telah dilaporkan akibat mencoba menelan gurita hidup.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk menikmati seafood dengan aman? Pertama, pilihlah seafood yang segar dan berkualitas dari sumber yang terpercaya. Pastikan seafood telah melalui proses penanganan dan penyimpanan yang benar untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri dan racun. Kedua, memasak seafood hingga matang adalah cara terbaik untuk membunuh bakteri dan parasit yang mungkin ada. Dengan memasak seafood, kita bisa menikmati kelezatannya tanpa harus mengorbankan kesehatan.

Bagi kamu yang sudah mencoba atau berencana mencoba tren makan seafood hidup-hidup, penting untuk selalu berhati-hati dan memeriksakan kondisi kesehatanmu secara rutin. Rumah Sakit Medina menyediakan layanan screening kesehatan lengkap untuk memastikan bahwa kamu dalam kondisi sehat dan bebas dari infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

Yuk, bagikan informasi ini ke teman-teman dan keluargamu! Dengan semakin banyak orang yang sadar akan risiko dan cara aman menikmati seafood, kita bisa saling mendukung untuk hidup lebih sehat. Jangan tunggu lagi, segera periksa kesehatanmu di Rumah Sakit Medina dan jaga tubuhmu tetap sehat dan bugar!


𝗥𝗦 Medina
"Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #Hipertensi #preventif #promotif

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: