Menghadapi Post Holiday Blues: Ketika Kembali dari Liburan Terasa Berat

artikel kesehatan Menghadapi Post Holiday Blues: Ketika Kembali dari Liburan Terasa Berat
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Hallo Sahabat Medina 😊

Bagaimana lebarannya…? Pasti senang dong, merasakan Vibe lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Bagi sahabat yang tidak melaksanakan mudik, libur lebaran ini banyak digunakan untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman. Baik liburan di dalam negri ataupun di luar negri, Pasti happy dan stress release dong.

Selain kebahagiaan ber-lebaran bersama keluarga, sebagian sahabat pasti ada yang bersedih. Baik karena lebaran kali ini tidak selengkap seperti lebaran sebelumnya. Rasa sedih karena kehilangan orang tua, adik ataupun kakak serta sanak saudara. Doakan para almarhum ataupun almarhumah yang telah mendahului kalian. Ataupun rasa sedih tidak bisa mudik karena sedang melakukan tugas kantor yang tidak bisa ditinggal. Sabar yah sahabat.

Setelah libur lebaran banyak diantara sahabat merasakan rasa lelah yang baru timbul saat sampai rumah setelah berlibur, ditambah keadaan rumah yang harus dirapihkan karena berdebu setelah ditinggal liburan, belum lagi harus bongkar koper atau tas yang penuh baju kotor. Hal-hal ini dapat merusak mood dan akhirnya timbul perasaan emosional. Keadaan ini kita namakan post holiday blues.

Post Holiday Blues adalah fenomena psikologis yang umum terjadi setelah liburan. Menurut penelitian dari American Psychological Association, sekitar 25% sampai 35% orang mengalami sedikit kecemasan dan stres setelah liburan.

Sumber: American Psychological Association

Tapi, bagaimana kita tahu jika kita sedang mengalami Post Holiday Blues? Gejalanya bisa bervariasi, tapi biasanya termasuk perasaan sedih, lesu, cemas, sulit berkonsentrasi, serta kurangnya motivasi untuk kembali ke rutinitas sehari-hari.

Bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa langkah yang bisa kita coba:

  1. Terima Perasaan: Pertama-tama, penting untuk menerima bahwa kita mungkin merasa sedih atau stres setelah liburan. Jangan menekan perasaan itu, tapi biarkan itu terjadi.

  2. Jaga Keseimbangan: Kembali ke rutinitas sehari-hari, tapi tetap berikan waktu untuk istirahat dan bersantai. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.

  3. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan: Temukan kegiatan atau hobi yang bisa membuat kita merasa bahagia dan terhubung kembali dengan kehidupan sehari-hari.

  4. Berbagi Pengalaman: Bicarakan perasaan kita kepada orang terdekat. Terkadang, berbagi perasaan bisa membantu kita merasa lebih baik.

Jadi, teman-teman, mari kita hadapi Post Holiday Blues ini dengan kepala tegak dan hati terbuka. Ingatlah bahwa perasaan ini sementara dan akan segera mereda seiring waktu.

Ayo, sebarkan informasi ini kepada teman-teman dan keluarga. Siapa tahu, informasi ini bisa membantu mereka yang juga mengalami Post Holiday Blues.


𝗥𝗦 Medina
"Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #postholidayblues

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: