Rayakan Hari Ibu dengan Kiat Kesehatan

artikel kesehatan Rayakan Hari Ibu dengan Kiat Kesehatan
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Setiap tanggal 22 Desember, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu. Peran Ibu sangatlah penting dalam perkembangan dan pembangunan nasional. Ditangan seorang ibu, tumbuh kekuatan bangsa karena lahir generasi masa depan yang sehat, cerdas, dan kuat. Dalam kesehariannya, ibu memegang fungsi sentral dalam merawat keluarga dari berbagai segi, terutama kesehatan. Karenanya, kebaikan ibu dalam menjalankan posisi tersebut perlu dijaga pula dengan memerhatikan kesehatannya.

Berikut beberapa kiat dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang disarankan untuk ibu guna mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental dirinya.

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Lengkapi keperluan buah dan sayur ke dalam menu makanan harian, ibu bisa menjalankan hidup yang lebih sehat. Pola makan yang dipenuhi buah dan sayur dapat mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit kronis lainnya.

Buah dan sayur sendiri menawarkan nutrisi esensial seperti vitamin dan mineral, serat, serta beberapa zat lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kedua jenis pangan yang rendah lemak dan kalori tersebut dapat mengisi perut dengan mudah.

Ibu perlu pula membatasi makanan dan minuman yang tinggi akan kadar kalori, gula, garam, lemak, dan alkohol agar terhindar dari penyakit. Kebiasaan buruk lainnya seperti merokok juga harus dikurangi. Jangan lupa konsumsi vitamin yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh Ibu.

  1. Banyak Bergerak

Ibu atau wanita karier umumnya akan menghabiskan sebagian harinya dengan duduk. Hal ini tentu bukan hal baik sebab potensi penyakit bisa timbul karenanya. Untuk itu, ibu harus rutin menyediakan sedikit waktunya untuk melakukan aktivitas fisik. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas fisik, salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah tubuh mudah goyah, terutama pada lansia serta menaikkan kemungkinan hidup lebih lama lagi.

CDC memberikan contoh aktivitas fisik atau olahraga rutin yang bisa ibu ikuti setiap harinya yaitu minimal dengan kegiatan berjalan cepat selama 30 menit pada 5 hari dalam seminggu dan diselingi olahraga angkat beban pada 2 hari sisanya.

  1. Tidur yang Cukup

Bila tidur ibu dalam sehari tidak cukup, berbagai penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, kardiovaskular, dan depresi bisa menyerang. Selain itu bila waktu tidur juga tidak mencukuip, tubuh akan terasa kurang segar dan kurang waspada dan mungkin lebih bingung, mudah tersinggung dan terasa lelah. Kurang tidur bukan hanya mempengaruhi tingkat energi melainkan juga fungsi mental dan fungsi sosial seseorang. Tidur yang kurang juga bisa membahayakan, setiap tahun ada lebih dari 100.000 kecelakaan yang disebabkan karena tertidurnya pengemudi ketika sedang mengemudi.

  1. Mengatasi Stres

Meski sering dilibatkan dengan masalah kesehatan mental, stres merupakan reaksi yang dapat menumbuhkan kemampuan dalam menghadapi situasi yang baru dan terkadang mungkin mengancam. Meski begitu, keuntungan ini bisa mengikis saat tingkat stres sudah tak terbendung. Sehingga, kemampuan ibu dalam merawat dirinya dan keluarga bisa sangat terganggu.

  1. Cari Tahu Riwayat Penyakit Keluarga

Mengetahui riwayat penyakit keluarga akan membantu keluarga ibu dalam memelihara kesehatan dan melakukan tindakan preventif terhadap risiko penyakit turunan yang mungkin muncul.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit dengan Konsultasi Dokter

Masalah kesehatan jadi hal yang ingin dihindari kaum wanita dan ibu. Oleh sebab itu, ibu bisa mencegah hal tersebut dengan berkonsultasi dengan dokter akan kesehatan. Beri tahu dokter juga tentang kondisi kesehatan yang ibu miliki, seperti radang sendi, diabetes, kelainan makan, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya. Bila penyakit-penyakit tersebut dapat dideteksi sejak dini, tingkat kesembuhannya akan sangat tinggi.

Nah di momen ini, selain memberi ucapan selamat hari ibu nasional, ada baiknya pula seluruh anggota keluarga memerhatikan dan mendukung kesehatan ibu seperti dengan melakukan kiat-kiat di atas. Selain cara-cara di atas, baik suami atau anak bisa merayakan dan menghormati jasa ibu dengan melakukan hal kecil lainnya seperti membantunya melakukan pekerjaan rumah.


𝗥𝗦 Medina

"Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #Germas

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: