Jaga Kesehatan Selama Musim Hujan

artikel kesehatan Jaga Kesehatan Selama Musim Hujan
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai Maret, sementara musim kemarau terjadi pada bulan April sampai September. Saat musim hujan tiba, hujan biasanya turun setiap saat mulai pagi, siang, sore, bahkan sampai malam.

Dalam kondisi musim hujan saat ini biasanya kita akan mudah terkena beberapa penyakit karena kondisi cuaca. Apalagi virus dan bakteri pada musim hujan akan lebih mudah berkembang. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar badan tetap sehat. Ada beberapa yang bisa kita lakukan agar kita tetap sehat walaupun cuaca diluar sering hujan dan udara dingin. Berikut tips tetap sehat saat musim hujan:

  1. Siapkan perlengkapan hujan saat berpergian seperti payung, jas hujan, dan sepatu hujan agar terlindungi dari basah kuyup, terkena air hujan yang menggenang di jalan-jalan, yang mungkin terkontaminasi dengan berbagai bakteri.

  2. Jaga kebersihan lingkunga tetap bersih selama musim hujan mencegah nyamuk dan hewan penyebab penyakit lainnya berkembang biak dan mengerumuni rumah.

  3. Rajin mencuci tangan untuk meminimalisir infeksi virus dan juga bakteri yang dapat ditularkan melalui berbagai cara (memegang benda-benda milik umum, kontak dengan orang yang sedang sakit, dsb).

  4. Rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan mengandung banyak vitamin. Hal ini dilakukan agar kebutuhan gizi dan vitamin harian kita tercukupi, sehingga mencegah infeksi dari bakteri dan juga virus.

  5. Minum air putih yang cukup. Karena dengan tercukupinya kebutuhan air harian kita, maka zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan terbuang, selain itu air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi pasien penderita flu. Selain cukup juga pastikan air yang diminum itu bersih karena Sejumlah penyakit, seperti diare dan kolera, disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi.

  6. Berolahraga secara rutin yang mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh. Olahraga secara rutin tidak hanya mengoptimalkan daya tahan tubuh, namun juga membantu menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari obesitas.

  7. Istirahat yang cukup elama 7-9 jam per harinya. Hal ini penting dilakukan agar tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan energi. Mencukupi waktu tidur juga diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Demikian cara yang dapat dilakukan kita agar kesehatan terjaga selama musim hujan. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Salam sehat!!

Referensi: https://upk.kemkes.go.id/new/tips-sehat-selama-musim-hujan


𝗥𝗦 Medina "Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #Germas

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: