Hari Jantung Sedunia, Cegah Penyakit Jantung dengan SEHAT

artikel kesehatan Hari Jantung Sedunia, Cegah Penyakit Jantung dengan SEHAT
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September setiap tahunnya, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular (PERKI) bersama Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Garut, Dinas Kesehatan Garut, IDI Garut, RS Annisa Queen dan RS Medina menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertemakan “Use Heart, Know Heart”.

Peringatan tahun ini dimeriahkan dengan senam jantung bersama, skrining risiko penyakit kardiovaskular, dan talk show yang sudah terlaksana di Radio RS Medina. Talk show dengan narasumber dr.Maryam Jamilah, Sp.JP (Dokter spesialis jantung RS.Medina) dan Drs. Kadar Wilasmana. SKM., M.Si., (Ketua YJI Garut).

Para narasumber menyampaikan tujuan peringatan Hari Jantung Sedunia adalah untuk memberi tahu orang-orang di seluruh dunia bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Meningkatknya kasus jantung di masa kini tidak lepas dari berubahnya pola hidup dan pola makan. Parahnya lagi penyakit tersebut menyerang dengan usia yang semakin muda. Meski begitu, penyakit tersebut timbul bisa disebabkan berbagai hal. Selain hipertensi, bisa juga karena bawaan dan metabolik misalnya diabetes.

Penyakit jantung ini sebetulnya bisa dicegah. Salah satunya dengan cara SEHAT, yaitu:

  1. Seimbang gizi

Memilih makanan yang tepat menjadi salah satu untuk mencegah serangan jantung di usia muda. Mengonsumsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayur serta makanan yang tinggi akan kandungan omega 3, adalah makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Enyahkan asap rokok

Asap rokok (tembakau) mengandung puluhan zat yang membahayakan kesehatan dan menjadi risiko untuk berbagai jenis penyakit. Dampak buruk rokok bahkan bisa dialami oleh mereka yang merokok secara pasif. Bahan kimia di tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, serta menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis) yang jadi penyebab penyakit jantung.

Belum lagi, karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan sebagian oksigen dalam darah. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok kebutuhan oksigen. Oleh karena itu, berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok adalah cara bijak untuk membantu mencegah penyakit jantung.

  1. Hadapi dan tanggulangi stres

Stres adalah hal yang biasa dialami oleh setiap orang. Namun, terlalu banyak stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan kesejahteraan. Oleh karena itu, penting untuk menemukan strategi menghadapi stres dan mencapai keseimbangan hidup yang tepat. Jika tingkat stres dirasa tak kunjung membaik dan sulit dikendalikan, ada baiknya untuk menemui dokter atau melakukan konseling dengan pakar.

  1. Awasi tekanan darah secara teratur

Mengetahui tekanan darah dan kolesterol dalam rentang normal jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun untuk mengetahuinya, perlu melakukan pengetesan secara rutin untuk memantau kesehatan.

  1. Teratur olahraga

Meningkatkan kesehatan jantung bisa dilakukan berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik terstruktur ini dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi kesempatan untuk mengembangkan kondisi lain yang dapat membuat tekanan pada jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Secara umum, lakukan olahraga ringan, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, selama sekitar 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu. Berolahraga hanya 10 hingga 15 menit setiap hari pun cukup memberikan manfaat besar untuk jantung. Namun, tetap baik untuk konsultasikan pada dokter mengenai kondisi tubuhmu sebelum berolahraga untuk mendapatkan jenis dan kapasitas yang tepat untuk manfaat yang kian maksimal.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri dan melakukan konsultasi untuk memperolah diagnosis dan penanganan secara cepat dan tepat di fasililtas kesehatan terdekat.


𝗥𝗦 Medina "Sehatmu, Semangat Kerjaku"⁣⁣

🏥 Jl. Raya Wanaraja No. 500, Garut ☎️ (0264) 2448808

#medina #rumahsakit #rumahsakitmedina #rsmedina #PKRSMedina #medinahospital #Germas #Harijantungsedunia #jantungsehat #cerdik #WHD

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: