Tips Menjaga Kesehatan Penglihatan

artikel kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Penglihatan
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Mata merupakan salah satu indra penting yang ada di tubuh kita. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit mata hingga hilangnya penglihatan. Dengan mata yang sehat, kita dapat beraktivitas dengan nyaman dan lancar. Sebaliknya, apabila mata mengalami masalah, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa mengganggu produktivitas kita.

Agar penglihatan tetap baik, ada baiknya Sahabat Medina simak beberapa cara menjaga kesehatan mata berikut ini:

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Perbanyak konsumsi makanan untuk kesehatan mata yang kaya akan vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, zink, dan karotenoid. Contohnya wortel, jeruk, sayuran hijau, telur, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sebagainya.

  1. Memastikan pencahayaan ruangan cukup

Pastikan pencahayaan ruangan cukup terang, tetapi tidak menyilaukan. Namun, saat mengatur pencahayaan ruangan, Anda perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mata masing-masing. Sebagai contoh orang yang memiliki masalah mata minus, plus, atau silinder mungkin butuh pengaturan cahaya khusus agar bisa melihat dengan jelas. Begitu pula dengan orang yang punya masalah mata lain seperti katarak atau glaukoma.

  1. Beri Mata Waktu untuk Beristirahat

Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop dan gadget juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung, serta sulit fokus menatap kejauhan.

Cobalah untuk mengikuti aturan "20-20-20," yaitu setiap 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata.

  1. Mengenakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Ketika cuaca sedang terik, gunakanlah kacamata hitam sebagai cara menjaga kesehatan mata dari paparan sinar UV. Pasalnya, radiasi sinar UV bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, bahkan kanker mata. Pastikan untuk memilih kacamata yang mampu menghalangi 99-100% radiasi UVA dan UVB. Kacamata hitam dengan kualitas baik biasanya bisa mengurangi silau sehingga membuat penglihatan lebih nyaman.

  1. Mengenakan Kacamata Saat Berenang

Tak hanya saat berada di luar ruangan, ketika berenang pun disarankan mengenakan kacamata supaya mata terhindar dari risiko iritasi dan alergi akibat paparan bakteri serta zat kimia dalam air. Terlebih lagi, kacamata renang juga bisa membantu penglihatan lebih jelas di dalam air.

  1. Pilih Kontak Lensa Kualitas Terbaik

Apabila Sahabat menggunakan kontak lensa, cara menjaga kesehatan mata adalah dengan memilih kontak lensa dengan kualitas yang baik. Lalu setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak, bilaslah terlebih dahulu dan cuci tangan sebelum menggunakannya. Jika menggunakan alat, maka pastikan juga alat tersebut bersih.

Kemudian gantilah cairannya secara teratur ketika. Jangan menggunakan kontak lensa ketika tidur. Pastikan menggunakan kontak lensa tidak dalam jangka waktu terlalu lama, maksimal 8 jam karena meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko mata terkena infeksi.

  1. Melakukan Senam Mata

Lakukanlah senam mata di saat mata terasa lelah, pagi hari, atau malam hari. Berikut langkah-langkahnya:

• Duduk dalam posisi nyaman, kemudian tutup kedua mata.
• Gerakkan mata ke atas sejauh kemampuan, tahan beberapa saat, lalu turunkan pandangan ke bawah. Ulangi beberapa kali.
• Buka mata dan lihatlah sekitar.
• Setelah itu, tutup mata kembali. Dalam keadaan mata tertutup, lirik ke kanan dan ke kiri. Ulangi beberapa kali.
• Buka mata dan lihatlah sekitar.
• Tutup lagi mata. Lirik ke arah diagonal, dari kanan atas ke kiri bawah, lalu bergantian dari kiri atas ke kanan bawah. Ulang beberapa kali, kemudian buka mata.
• Terakhir, pejamkan mata dengan kencang, lalu berkediplah beberapa kali.

  1. Tidur Cukup dan Kelola Stress

Tidur dengan cukup tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, melainkan juga kesehatan mata. Pasalnya, tidur dapat membantu mata beristirahat secara total setelah digunakan beraktivitas seharian. Ketika kurang tidur, mata bisa lelah dan menyebabkan menurunnya penglihatan secara perlahan.

Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan mata tampak merah, kering, dan gatal, karena mata tidak mampu menghasilkan air mata yang cukup.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur dan menjaga berat badan termasuk cara menjaga kesehatan mata. Pasalnya diabetes tipe 2, yang lebih sering terjadi pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, dapat meningkatkan risiko penyakit mata, seperti diabetik retinopati. Diabetik retinopati merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan kehilangan penglihatan hingga kebutaan.

Di samping itu, penyakit darah tinggi atau hipertensi juga bisa mengakibatkan penyakit serius pada mata. Oleh karenanya dengan berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan tetap stabil dapat menurunkan peluang terkena penyakit diabetes tipe 2 beserta komplikasinya.

  1. Rutin Periksakan Mata

Hal penting lain sebagai cara menjaga kesehatan mata ialah rutin memeriksakannya ke dokter. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, sebaiknya periksakan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Sedangkan bagi orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun, ada baiknya periksa mata setahun sekali.

Tujuannya adalah mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula. Jika rutin memeriksakan mata, maka dokter dapat mendeteksi dini apabila ditemukan adanya penyakit tertentu.

Ingatlah bahwa mata adalah salah satu aset berharga yang perlu dijaga dengan baik agar tetap berfungsi optimal dalam jangka panjang.

Mempunyai kelainan pada mata atau ingin melakukan konsultasi seputar mata? Segera konsultasikan ke RS Medina. Kami siap melayani berbagai keluhan dan siap membuat mata sehat dan jernih kembali.

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: