Sadarkah Dia Jika Dirinya Sedang Tidak Baik-Baik Saja ?

artikel kesehatan Sadarkah Dia Jika Dirinya Sedang Tidak Baik-Baik Saja ?
Mita Audin Fauziah, S.K.M

#️⃣ Kesehatan

Bagikan:

Jika ada orang dengan gangguan kesehatan mental atau kesehatan jiwa, apakah dia sadar bahwa dirinya sedang tidak baik-baik saja ?

Dalam ilmu kesehatan jiwa atau psikiatri, insight atau tilikan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk memperlihatkan derajat seseorang. Insight/tilikan adalah kesadaran dan pemahaman seseorang tentang kondisi yang dialaminya. Berkenaan dengan bidang medis, insight/tilikan sakit menunjukan seberapa paham dan sadar seseorang mengenai penyakit dan gejala yang dialaminya.

Jika seseorang sedang tidak baik-baik saja karena kesehatan jiwanya terganggu, maka ada dua kemungkinan yaitu dia menyadarinya dan atau dia tidak menyadarinya. Oleh karena itu, hal tersebut dapat diperlihatkan dari derajat insight atau tilikan yang terbagi dari 1 sampai 5 berikut ini:

• Insight derajat 1, ketika pasien menyangkal ataupun sama sekali tidak merasa sakit.

• Insight derajat 2, ketika pasien sedikit menyadari bahwa dirinya sakit dan butuh bantuan namun dalam waktu yang bersamaan juga menyangkal bahwa ia sakit.

• Insight derajat 3, ketika pasien menyadari bahwa dirinya sakit, namun menyalahkan faktor eksternal, orang lain, masalah medis, atau masalah fisik lainnya sebagai penyebab sakitnya.

• Insight derajat 4, ketika pasien menyadari gejala yang dialami dan penyakitnya, mengetahui bahwa hal tersebut muncul akibat pola pikirnya sendiri, namun tidak menggunakan pengetahuan tersebut untuk melakukan suatu perubahan di masa depan. Insight ini dikenal sebagai insight intelektual.

• Insight derajat 5, ketika pasien menyadari sepenuhnya apa yang mendasari gejala yang dialaminya, dan pasien melakukan perubahan pada perilaku dan kepribadiannya untuk mencapai pemulihan, keterbukaan terhadap ide dan konsep baru mengenai dirinya. Insight ini dikenal sebagai insight emosional sesungguhnya.

Jadi jika Sahabat Medina sedang merasakan sesuatu yang berbeda di dalam diri, maka tidak ada salahnya jika meminta bantuan orang lain, bercerita kepada orang terdekat yang dipercaya, dan jika memang tidak ada perubahan maka sebaiknya meminta bantuan kepada psikiater atau psikolog. Karena yang penting bukan hanya kesehatan fisik saja, tapi kesehatan mental juga sangatlah penting.

Referensi:
Panti rehabilitas. (2015). Gangguan Jiwa. Tersedia di: https://pantirehabilitasi.wordpress.com/category/gangguan-jiwa/ (Diakses pada tanggal 11 Oktober 2023).

#️⃣ Kesehatan

Bagikan: